Minggu, 22 Mei 2016

Ini Dia 5 Penyebab Utama Kanker yang Harus Anda Ketahui


Ini Dia 5 Penyebab Utama Kanker yang Harus Anda Ketahui

Sahabat Dokter Liza, kali ini saya ingin melanjutkan tulisan tentang kanker. Pada postingan kali ini saya ingin membahas tentang penyebab utama kanker dan pencegahannya. Kanker memang telah menjadi momok bagi kita semua. Sering sekali ia terdeteksi pada stadium lanjut yang membuat para penderitanya tidak memiliki banyak pilihan. Karena baru tahu ketika kanker sudah stadium akhir, maka angka harapan hidup pun makin menipis meski sudah diobati dengan kemoterapi atau radioterapi.

Sering kita bertanya, sebenarnya apa sih yang membuat seseorang itu menderita kanker? Berikut ini adalah 5 penyebab utama kanker yang harus Anda ketahui (sumber: The American Cancer Society): 

1. Diet dan Nutrisi yang Buruk (30%)
2. Tembakau (16%)
3. Penyakit Infeksi (8%)
4. Eksposur Saat Bekerja (seperti zat kimia, radiasi cahaya matahari, dll) (5%)
5. Polusi Lingkungan (2%)

Semua jenis kanker timbul akibat kerja gen yang berfungsi mengatur pertumbuhan sel terganggu. Gen-gen yang abnormal yang menyebabkan kanker ini kebanyakan bukan karena keturunan (genetik) melainkan disebabkan oleh mutasi gen yang muncul saat seseorang itu hidup. Gen bisa mengalami mutasi akibat faktor internal dari tubuh kita sendiri, seperti karena pengaruh hormon atau karena metabolisme makanan di dalam sel, bisa juga karena faktor eksternal seperti tembakau, zat kimia, radiasi, dan cahaya matahari.

Diperkirakan, hanya 5%-10% dari semua jenis kanker itu karena pengaruh herediter (keturunan). Itu artinya, orang yang memiliki gen-gen khusus memiliki risiko yang lebih besar untuk menderita kanker tertentu. Namun, biasanya kanker itu disebabkan oleh kombinasi dari faktor genetis dan faktor lingkungan.

Lantas, apakah semua faktor risiko terjadinya kanker itu bisa dicegah? Yup, kematian akibat kanker bisa dicegah dengan mengubah pola hidup kita (lifestyle change). Menurut Centers for Diseases Control and Prevention (CDC), dengan mengubah lifestyle seperti menghindari tembakau, makan makanan yang bergizi, dan meningkatkan aktifitas fisik dapat mengurangi angka kematian akibat kanker.

Semoga dengan mengetahui penyebab kanker dan cara pencegahannya, kita bisa memproteksi diri, keluarga, dan teman-teman kita dari penyakit yang sangat mematikan ini. Amiin.

9 komentar:

  1. Mama dan nenekku meninggal karena kanker serviks, mba. Jadinya aku menjaga diri juga agar tak terhindar. Makasih tulisannya ya mba

    BalasHapus
  2. ayooo jaga kesehatan, makasih mbak untuk sharenya

    BalasHapus
  3. tembakau dan polusi udara sepertinya sangat mudah di temui sepanjang hari :( jadi makin besar potensi nya

    BalasHapus
  4. Penyakit yang menakutkan ya.
    Tapi ada juga yang bisa sembuh
    Terima kasih infonya
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
  5. makanan tetap faktor utama kanker ya mba..
    duuh pola makan zamans ekarang tuh agak mengerikan sy suka susah mau disiplinin anak soal makan yg sehat

    BalasHapus
  6. Hmm, mudah-mudahan kita semua sehat selalu ya, aamiin.

    Salam,
    Shera.

    BalasHapus
  7. Orangtuaku perokok berat :(

    Salam,
    Pink

    BalasHapus
  8. Thanks for sharing good things dokter liza <3

    Salam,
    Gianta

    BalasHapus