Sabtu, 26 November 2016

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Assalamualaikum sahabat dokter Liza. Pada postingan kali ini saya ingin berbagi tentang cara menghilangkan jerawat secara alami. Kenapa tema kali ini tentang jerawat? Karena banyak sekali sahabat pembaca setia blog dokter Liza yang menginginkan tips untuk menghilangkan benjolan kecil pada wajah ini. 

Cara menghilangkan jerawat secara alami, pasti sahabat bertanya dalam hati, lha ini kan blog dokter, tapi kok tipsnya malah secara alami bukan dengan obat-obatan? Jawabannya adalah karena tulisan ini sebenarnya dibuat berdasarkan pengalaman saya sendiri dalam membasmi jerawat pada wajah.

Sejak duduk di bangku SMP wajah saya mulai jerawatan. Maklum, pada saat itu saya sedang memasuki masa remaja, baru mendapatkan haidh, dan terjadi banyak perubahan hormonal di tubuh. Awalnya jerawat itu tumbuhnya satu-satu dan karena geram melihat wajah yang lagi mulus, saya pencet jerawat itu dengan tangan. Walhasil, jerawat meradang dan bertambah banyak.
Karena jerawat makin banyak, saya pun mencoba menggunakan sabun pembersih wajah yang katanya bisa menghilangkan jerawat. Eh, ujung-ujungnya muka memerah, gatal, dan tumbuh jerawat kecil.

Saat duduk di bangku SMA, saya pun ke dokter kulit untuk berobat jerawat. Alhamdulillah dengan salap jerawat yang isinya TCD (teritinoid, clindamicyn, dan dexosimethason) dan sabun pembersih wajah yang diberikan dokter, jerawat di muka saya hilang. Wajah kembali bersih.
Akan tetapi, ketika obat dokter tersebut habis, jerawat kembali meradang dan memenuhi seluruh wajah. Saya kembali ke dokter dan jerawat hilang. Tapi rasanya bosan juga berobat terus, tahu sendirikan kalo berobat ke dokter kulit itu mahal, akhirnya saya berhenti ke dokter kulit. Saya pun mencari cara menghilangkan jerawat secara alami dan alhamdulillah berhasil.

Bagaimanakah cara menghilangkan jerawat secara alami ala dokter Liza? Yuk simak tips berikut ini:
1. Sering membersihkan wajah
Bangun tidur, siang hari, dan sebelum tidur usahakan untuk membersihkan wajah. Bisa dengan air hangat atau dengan menggunakan sabun pembersih wajah. Membersihkan wajah pada malam hari itu sangat penting. Dulu, saya malas banget cuci muka sebelum tidur. Akibatnya sisa bedak, kotoran, menumpuk menjadi komedo dan jerawat. Tapi setelah rutin membersihkan wajah, jerawatpun seperti enggan menempel kembali

2. Jangan memencet jerawat dengan kuki
Saya itu suka banget kalau ada jerawat di wajah, saya pegang-pegang dan kemudian saya pencet dengan kuku. Rasanya puas banget kalau udah keluar matanya dan berdarah. Tapi setelah itu, jerawat bukannya hilang malah bertambah besar. Eits enggak hanya besar, tapi di samping kanan dan kirinya juga tumbuh jerawat yang lain.
Kok bisa seperti itu? Hal ini disebabkan karena tangan apalagi kuku kita itu mengandung banyak bakteri. Konon lagi kalau kukunya panjang, makin suka si kuman tinggal di sana. Memencet jerawat dengan tangan atau kuku itu sama saja dengan memindahkan kuman dari kuku ke muka. Wajar saja si jerawat bertambah banyak.

3. Pilih bedak atau pelembab sesuai dengan kondisi wajah.
Untuk wajah berminyak dengan pori-pori yang besar seperti wajah saya, hindari pemakaian bedak padat. Soalnya butiran bedak tersebut bisa masuk dan menyumbat pori-pori. Ujung-ujungnya sumbatan tersebut menjadi komedo atau jerawar. Begitu juga dengan pelembab, sebaiknya pilih yang berbahan dasar air karena mudah diserap oleh wajah dan tidak menyumbat pori.

4. Jangan mudah tergiur dengan sabun pembersih wajah di iklan
Dulu itu, saya sering banget gonta ganti sabun pembersih wajah yang katanya bisa menghilangkan jerawat. Kenyataannya, wajah saya merah, gatal, dan jerawat bertambah. Oleh karena itu, setiap membeli sabun pembersih wajah, pastikan lagi apakah sabun tersebut cocok untuk kulit wajah Anda atau tidak.

5. Berpikir positif dan terus bahagia
Pikiran positif ternyata juga bisa menjadi obat yang ampuh untuk menghilangkan jerawat. Tanamkan pada diri bahwa saya bisa tetap tampil menarik dan berprestasi meski wajah jerawatan.

6. Berdoa
Setiap penyakit pasti ada obatnya dan penyakit tersebut diberikan oleh Yang Maha Kuasa. Jadi, selain mengobati jerawat baik secara alami atau dengan obat-obatan, jangan lupa berdoa kepada Allah swt. Minta kepada Allah agar jerawat di wajah kita disembuhkanNya.

Itu dia 6 cara menghilangkan jerawat secara alami. Semoga wajah teman-teman semua kembali mulus seperti sedia kala dengan tips saya bagikan tersebut.

8 komentar:

  1. Bu Dokter cantik uda berselancar dengan blog baru lagi hheheee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Acne or Pimple is a BIG Problem that crosses the borders of age, gender, race and social status. Benzac AC is a topical water-based gel wiyh its active ingredient benzoyl peroxide perfect for the treatment of acne. Benzac AC aparts from its acne-treatment counterparts is that it does not contain alcohol and it is fragrance free. Read more at:
      http://kidbuxblog.com/hard-on-acne-soft-on-skin/

      Hapus
  2. makasih buat tipsnya bu dokter, nanti aku coba ya

    salam
    gabrilla

    BalasHapus
  3. Point lima sama enam paling asik deh, setuju garis keras, hehehe

    Salam,
    Kesya.

    BalasHapus
  4. Dok, saya susah banget balikin wajah biar bebas jerawat, tapi nambahnya gampang, huh, padahal udah coba berbagai tips, apa emang kulit wajah yang sensitif ya?

    Salam,
    Asya

    BalasHapus
  5. aku pake cara nomor satu si dok, alhamdulillah berkurang :D

    salam
    nia

    BalasHapus
  6. Dok, ngeblog lagi dong doook :(

    Salam,
    Rasya

    BalasHapus
  7. Bisa dicoba nih, gara-gara dateng bulan jadi huuuu

    BalasHapus