Aplikasi Untuk Mengetahui Usia Kehamilan

Dulu orang untuk mengetahui usia kehamilan biasanya dengan menebak besarnya perut ibu. Semakin besar berarti semakin tua umur kehamilan.

Tapi ternyata cara ini tidak akurat. besar bayi dalam kandungan yang mempengaruhi besarnya perut ibu biasanya tidak seragam menurut usia kehamilan. Ada bayi yang cenderung besar walaupun masih muda dan ada bayi yang cenderung kecil walaupun usia kehamilan sudah tua.

Hasilnya tebak-tebakan usia kehamilan meleset dan bisa jadi seorang ibu tiba-tiba melahirkan padahal diperkirakan usia kehamilannya masih muda.

Belum lagi kalau ibu mengandung anak kembar, bayi kembar 2, kembar 3 atau lebih. Bisa jadi tebakannya lebih jauh meleset. Mungkin disangka seorang ibu sudah akan melahirkan ternyata bayinya belum cukup bulan.

Oleh karena itu dunia medis biasanya memberikan patokan untuk menghitung usia kehamilan. Caranya adalah menghitung mulai dari hari pertama haid terakhir. Kemudian usia kehamilan dihitung menggunakan kalender dalam satuan Minggu.

Sayangnya biasanya Ibu kurang paham mengenai hitung-hitungan manual tersebut. Untuk itu biasanya perlu ditanyakan ke bidan atau dokter ahli kandungan. Dan tentunya ini sangat merepotkan jika ingin tahu usia kehamilan harus ke bidan atau ahli kandungan.

Tetapi di zaman canggih dan modern ini untuk mengetahui usia kehamilan dapat dilakukan dengan mudah. Saat ini banyak tersedia aplikasi untuk mengetahui usia kehamilan baik di playstore maupun app store. Untungnya lagi aplikasi tersebut sebagian besar tersedia gratis alias tidak perlu membayar untuk mendownload dan memakainya.

Cara memakai aplikasi aplikasi tersebut juga sangat mudah. Biasanya aplikasi sudah menyediakan penjelasan mengenai parameter atau angka-angka saja yang harus dimasukkan ke aplikasi.

Ada kelebihan lain dari aplikasi tersebut yaitu selain dapat menunjukkan usia kehamilan juga dapat memberikan perkiraan tanggal kelahiran atau hari perkiraan lahir. Aplikasi juga dapat menentukan pada trimester keberapa kehamilan ibu saat ini.

Oleh karena banyaknya kelebihan dari aplikasi maka tidak ada salahnya jika Ibu mencoba mendownload salah satunya.

Tetapi harap diingat bahwa aplikasi tersebut hanya sebagai informasi dan bantuan belaka tidak untuk menggantikan petunjuk atau nasehat bidan atau dokter. oleh karena itu Ibu tetap disarankan untuk memeriksakan kehamilannya ke bidan atau dokter atau Puskesmas terdekat. minimal empat kali selama masa kehamilan yaitu sekali pada trimester pertama, sekali pada trimester kedua, dan 2 kali pada trimester ketiga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar